Sidak Faunaland, Pemerhati Hewan Pastikan Tidak Ada Singa Hasil Inses

Sidak Faunaland, Pemerhati Hewan Pastikan Tidak Ada Singa Hasil Inses
Sejumlah pemerhati hewan diundang untuk melakukan klarifikasi dan inspeki mendadak (sidak) ke Faunaland Ancol. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan seekor singa putih dari Faunaland Ancol yang terlihat lemas dan sering jatuh hingga menjadi perhatian publik.

Karena viralnya video tersebut, sejumlah pemerhati hewan diundang untuk melakukan klarifikasi dan inspeki mendadak (sidak) ke Faunaland Ancol.

Pendiri Animal Hope Shelter, Christian Joshuapale mengatakan bahwa pihaknya datang untuk melakukan sidak dan klarifikasi dengan pihak Faunaland Ancol, mengenai kondisi singa Thori.

"Tadi kami sudah ditunjukkan bahwa kedua induknya berasal dari dua negara yang berbeda dan membantah adanya dugaan inses (perkawinan sedarah). Cuman kami tidak ditunjukkan surat-surat resmi kepemilikannya," kata Christian di Faunaland Ancol pada Jumat (2/5).

Lebih lanjut, Ketua Animal Defender Indonesia (ADI) Doni Herdaru yang juga turut serta melakukan inspeksi ke Faunaland mengatakan bahwa dugaan adanya inses dari induk singa bernama Thori itu terbantahkan.

"Jadi dugaan tentang hewan yang dimaksud alias singa bernama Thori sudah terpatahkan bahwa dia bukan dari hasil inses, sudah ditunjukkan silsilah kedua orang tuanya," kata Doni.

Tak hanya itu, pihaknya pun mempertanyakan terkait dengan diet, umur hingga kondisi kesehatan singa Thori kepada pihak Faunaland Ancol.

"Jadi Thori ini mengalami satu kondisi hip dysplasia di mana umurnya masih muda umur 9 bulan, tapi kenapa bisa? Ini lah munculnya gangguan kesehatan hewan hewan yang memang unik seperti albino. Albino itu sendiri kita tahu bahwa cacat genetik," kata dia.

Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan seekor singa putih dari Faunaland Ancol yang terlihat lemas dan sering jatuh hingga menjadi perhatian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News