Sikap Gibran Tegas Soal Konflik Keraton Surakarta, Begini

Sikap Gibran Tegas Soal Konflik Keraton Surakarta, Begini
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/10/2023). ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com - SURAKARTA - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sangat tegas terkait konflik yang terjadi di Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Gibran mengatakan tidak akan mengintervensi konflik tersebut karena merupakan urusan internal keluarga.

"Keluarga ya urusan keluarga, kami tidak intervensi," ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/10).

Menurut Gibran, pihaknya hanya akan memastikan tugasnya sebagai kepala daerah berjalan sesuai dengan rencana awal.

"Hal yang jelas, tugas saya mengkondisikan pembangunan yang ada di situ. Setelah selesai akan kami serahkan ke yayasan yang sudah ditunjuk sesuai dengan MoU (nota kesepahaman beberapa waktu lalu)," ucapnya.

Gibran menyatakan sudah bertemu dengan istri PB XIII, yakni Kanjeng Gusti Ratu PB XIII dan putra mahkota Kanjeng Gusti Pangeran Harya Purbaya (KGPH) Purbaya, beberapa waktu lalu.

Gibran juga menyatakan belum ada pertemuan dengan pihak Lembaga Dewan Adat (LDA) yang merupakan pihak yang berseberangan dengan raja.

"Belum (belum bertemu). Intinya, permasalahan internal saya tidak akan intervensi. Saya ditugasi sinuhun (PB XIII) untuk menyelesaikan alun-alun utara dan selatan. Sudah tugas saya itu saja," katanya.

Sikap Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka tegas soal konflik Keraton Surakarta, begini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News