Siksa Para Taruna, 14 Polisi Filipina Ditahan

Siksa Para Taruna, 14 Polisi Filipina Ditahan
Siksa Para Taruna, 14 Polisi Filipina Ditahan
MANILA - Kepolisian Nasional Filipina (PNP) kembali menahan enam personelnya terkait skandal penyiksaan dalam perekrutan calon polisi. Hingga kemarin (4/8) total 14 polisi menjalani pemeriksaan. Dua di antaranya adalah polisi senior yang juga pengawas dari 12 polisi lainnya.

"Mereka yang melakukan aksi memalukan seperti itu tak layak mendapatkan tempat. Kami sangat berkomitmen pada HAM dan hukum yang berlaku," papar Raul Bacalzo, pimpinan PNP, dalam pernyataan tertulis. Dia menyesal skandal memalukan yang terekam dalam video itu terjadi di tubuh kepolisian Filipina. Dia berjanji untuk menjatuhkan hukuman setimpal kepada para pelaku.

Dari 14 polisi yang kini ditahan, delapan di antaranya ditangkap pada Senin lalu (1/8). Mereka menjadi kelompok pertama yang dikeler ke kantor polisi setelah Komisi HAM melaporkan kekurangajaran mereka ke Kementerian Dalam Negeri Filipina. "Kami telah mengirimkan dua video yang merekam aktivitas tak layak polisi-polisi tersebut," kata Ketua Komisi HAM Filipina Loretta Ann Rosales.

Dalam salah satu video, sekelompok polisi yang diyakini sebagai bagian dari tim rekrutmen terlihat menelanjangi para calon polisi. "Mereka lantas menaruh ekstrak cabe ke alat vital dan menjejalkan ke anus para calon polisi itu. Juga mengoleskannya ke ketiak mereka," beber Rosales. Para taruna itu pun kesakitan.

MANILA - Kepolisian Nasional Filipina (PNP) kembali menahan enam personelnya terkait skandal penyiksaan dalam perekrutan calon polisi. Hingga kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News