Silon Sulit Diakses Jelang Penutupan Pendaftaran Bacaleg

Silon Sulit Diakses Jelang Penutupan Pendaftaran Bacaleg
KPU. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner KPU Ilham Saputra belum bisa memastikan kebenaran informasi yang menyebut sistem informasi pencalonan (Silon) anggota DPR dan DPRD yang dikelola penyelenggara pemilu, sulit diakses.

Hal itu memang sempat dikeluhkan sejumlah partai politik pada KPU.

Parpol sebelumnya diwajibkan mengisi data bakal caleg yang diusung lewat Silon, sebelum secara resmi mendaftarkannya ke KPU pada 4-17 Juli.

"Perlu saya kasih tahu, ada parpol yang akses silon itu dari Kaltim dan bisa. Jadi, kami tidak bisa memastikan apakah betul (sulit diakses)," ujar Ilham di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (16/7).

Meski tidak tahu pasti apakah benar ada parpol kesulitan mengakses Silon, Ilham membuka kemungkinan hal itu bisa terjadi.

Antara lain, jika parpol mengunggah foto bacaleg tidak sesuai format yang diminta.

"Pada saat Bimtek (bimbingan teknis) kami sampaikan ke parpol, misalanya foto, kalau formatnya pdf itu (resolusinya) kan besar, sehingga Silon kami enggak bisa menerima. Harusnya kan jpeg," ucapnya.

Ilham lebih jauh mengatakan, dalam hal teknis memang penting dilaksanakan sesuai ketentuan. Agar pelaksanaan pendaftaran bakal calon anggota DPR dan DPRD untuk Pemilu 2019 berjalan lancar.

KPU telah menambah kapasitas Silon, untuk mengantisipasi sulit diakses saat penggunaan bacaleg parpol meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News