Simpati Buffon untuk Casillas

Simpati Buffon untuk Casillas
Simpati Buffon untuk Casillas

SAMA-SAMA berposisi di bawah mistar gawang serta berstatus kapten tim di level klub maupun timnas. Gianluigi Buffon dan Iker Casillas sekaligus kiper yang mendominasi penghargaan IFFHS (organisasi independen yang mengurusi sejarah dan statistik sepak bola internasional) satu dekade terakhir.
 
Tapi, belakangan, keduanya diklaim mengalami degradasi performa. Casillas misalnya. Kiper 32 tahun itu digusur Diego Lopez sebagai kiper nomor satu Real.

Jika bukan karena kebijakan rotasi yang setengah dipaksakan oleh pelatih Real Carlo Ancelotti maupun entrenador Spanyol Vicente del Bosque, Sant-Iker (julukan Casillas) mungkin jadi penghuni setia bangku cadangan.
 
Buffon masih beruntung. Predikatnya sebagai kiper utama Juve belum terusik meski dalam laga terakhir kontra Fiorentina (20/10), gawangnya dibobol empat kali dalam rentang 25 menit. Pelatih Italia Cesare Prandelli bahkan menggaransi namanya di urutan pertama dalam daftar skuad yang akan dibawanya ke Piala Dunia 2014.
 
Dalam laga dini hari nanti, Buffon pun berharap Casillas yang akan menjadi lawannya di gawang seberang. Sesuai kebijakan Ancelotti, Casillas memang diprioritaskan turun di Liga Champions.

"Iker adalah salah satu kiper yang saya kagumi dan situasi yang dialaminya saat ini akan membuatnya lebih bermental tangguh," kata Buffon seperti dilansir Marca.

"Bagi saya, sangat aneh melihatnya berada di bangku cadangan karena saya pasti juga akan sulit menerimanya dalam situasi yang sama. Tapi, saya tetap memberikan respek kepada Diego Lopez yang juga seorang kiper bagus," imbuh kiper yang juga punya julukan Superman tersebut.
 
Laga di Santiago Bernabue pun membangkitkan memori Buffon lima tahun silam. "Kali terakhir saya bermain di sana, kami menang 2-0 dan saya tidak mengalami banyak kesulitan. Saya juga tidak mau kalah kali ini," tandas kiper dengan caps terbanyak (137) di Italia itu.
 
Sebaliknya, statistik Casillas melawan Juve tidak terlalu bagus. Dalam enam pertemuan, Sant-Iker lebih banyak kalah (empat kalah, dua menang) serta kebobolan 10 gol. Bandingkan dengan Buffon yang hanya kebobolan empat gol dalam empat laga kontra Real (2 menang, 2 kalah). (dns/bas)

 


Berita Selanjutnya:
Aang Berat Tinggalkan Persib

SAMA-SAMA berposisi di bawah mistar gawang serta berstatus kapten tim di level klub maupun timnas. Gianluigi Buffon dan Iker Casillas sekaligus kiper


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News