Sindikat Pemalsu Ijazah Ditangkap

Juga Layani Kampus Dalam dan Luar Negeri

Sindikat Pemalsu Ijazah Ditangkap
Sindikat Pemalsu Ijazah Ditangkap
JAKARTA - Aparat Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membongkar jaringan pembuatan ijazah palsu. Sindikat ijazah palsu ini mampu memproduksi ijazah SMA dan Sarjana beragam universitas swasta dan negeri bahkan universitas luar negeri.

Dalam penangkapan itu, petugas meringkus tiga pelaku yang diketahui berinisial YS, IS dan AB. Ironisnya, dalam aksi tersebut, tiga pelaku yang ditangkap di lokasi berbeda ini terbilang cukup berani. Mereka mempromosikan terang-terangan tindak kejahatan tersebut melalui situs di internet dengan alamat http;//ijazahaspal.com.  “Mereka menyediakan ijazah palsu/aspal melalui situs tersebut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Rikwanto saat Jumpa Pers, Selasa (22/5).

Rikwanto mengemukakan, terciumnya jaringan pembuatan ijazah palsu itu setelah adanya aduan dari masyarakat yang merasa curiga dengan situs tersebut.

Setelah ditelusuri, tindak kejahatan yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun ini telah mencetak 150 ijazah palsu sesuai dengan pesanan masyarakat yang tidak bertangungjawab.

Beragam ijazah tersebut beredar di Jabodetabek dan dan kota-kota besar lainya, seperti di Jawa Timur dan Jawa Tengah. “Pengakuan mereka selama satu tahun telah tercetak 150 lembar ijazah, termasuk transkrip nilai,” paparnya.

JAKARTA - Aparat Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membongkar jaringan pembuatan ijazah palsu. Sindikat ijazah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News