Singapura Jadi Negara Asing Investasi Terbesar Kedua

Kerjasama Indonesia-Singapura Diperkuat

Singapura Jadi Negara Asing Investasi Terbesar Kedua
Singapura Jadi Negara Asing Investasi Terbesar Kedua

jpnn.com - JAKARTA - Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura menunjukkan perkembangan yang makin baik. Pada pertemuan reguler kedua menteri luar negeri (menlu) yang diselenggarakan di Bandung, Selasa (4/2) disepakati  peningkatan kerjasama di berbagai bidang antarkedua negara.

Kesepakatan dilakukan oleh Menlu RI Marty Natalegawa dan Menlu Singapura, K. Shanmugam. Kesepakatan ini menindaklanjuti arahan kepala pemerintahan Indonesia-Singapura pada pertemuan Leader’s Retreat yang digelar di Singapura pada 22 April 2013 lalu.

"Kedua menlu juga membahas antara lain upaya peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Singapura di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, transportasi, pariwisata dan bidang-bidang kerja sama lainnya," demikian isi siaran pers dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI yang diterima JPNN.

Selain itu, pertemuan itu juga membahas kerjasama di bidang politik keamanan, termasuk perkembangan perundingan perbatasan kedua negara. Selain itu pertemuan juga membicarakan berbagai isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama. Antara lain mengenai upaya mewujudkan komunitas ASEAN 2015, situasi keamanan di kawasan dan global, dan kerja sama di berbagai forum internasional.

Pertemuan bilateral Menlu Marty dan Menlu Shanmugam juga membahas persiapan Leaders’ Retreat mendatang antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Lee Hsien Loong. Pertemuan kedua pimpinan negara akan dilaksanakan di Indonesia pada tahun ini.

Untuk diketahui, Singapura merupakan negara asal investasi asing terbesar kedua di Indonesia setelah Jepang. Pada tahun 2013, realisasi investasi kedua negara mencapai USD 4,67 miliar. (dil/jpnn)


JAKARTA - Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura menunjukkan perkembangan yang makin baik. Pada pertemuan reguler kedua menteri luar negeri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News