Sisa Setahun Menjabat, Banyak Janji Jokowi Belum Terealisasi

Sisa Setahun Menjabat, Banyak Janji Jokowi Belum Terealisasi
Sukamta. Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akan memasuki usia empat tahun pada 20 Oktober 2018 mendatang. Menurut anggota badan anggaran DPR Sukamta, di sisa satu tahun ini, masih banyak janji-janji Jokowi saat kampanye dulu yang belum terealisasi.

"Jokowi masih banyak PR (pekerjaan rumah-red). Secara umum hal nyata yang menjadi evaluasi di antaranya nilai tukar rupiah yang menembus angka 15.000 per US dolar, peningkatan harga BBM yang berdampak pada harga kebutuhan bahan pokok. Kemudian soal impor besar-besaran dan pembangunan yang mengandalkan utang luar negeri," kata Sukamta, Jumat (19/10).

Anggota Komisi I DPR ini juga menyinggung secara khusus janji Jokowi yang berkaitan dengan komisinya, yakni menaikkan anggaran pertahanan hingga tiga kali lipat jika pertumbuhan ekonomi mencapai tujuh persen. Hingga sekarang janji itu belum terealisasi, baik angka pertumbuhan ekonominya atau anggaran pertahanannya.

Menurut BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen. Sedangkan anggaran pertahanan untuk 2019 pun cenderung stagnan, sama dengan anggaran 2018, yaitu sekitar Rp 106 triliun.

Soal janji untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina, Sukamta menghargai usaha pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri yang memperjuangkan amanat konstitusi untuk mendukung terwujudnya kemerdekaan negeri terjajah seperti Palestina, dan nasib etnis minoritas yang tertindas seperti Rohingya di Myanmar.

"Menurut saya ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan," tandas Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS) DPR ini. (fat/jpnn)


Menurut Sukamta, Jokowi pernah berjanji menaikkan anggaran pertahanan hingga tiga kali lipat jika pertumbuhan ekonomi mencapai tujuh persen.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News