Sistem Listrik Jawa - Sumatera Digabung

Telan Dana Rp 20 Triliun, Libatkan Jepang

Sistem Listrik Jawa - Sumatera Digabung
Sistem Listrik Jawa - Sumatera Digabung
JAKARTA - Upaya memperkuat kehandalan pasokan listrik terus dilakukan. Kali ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap mengkoneksikan sistem kelistrikan Jawa-Bali dengan Sumatera.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, sistem kelistrikan tersebut nantinya akan saling terhubung melalui jaringan interkoneksi dengan teknologi Tegangan Tinggi Arus Searah (High Voltage Direct Current/HVDC). "Sistem ini akan mampu mengalirkan listrik 3 ribu megawatt (MW), dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya," ujarnya, Minggu (8/4).

       

Menurut Bambang, April ini PLN akan mulai menawarkan tender pembangunan proyek interkoneksi Sumatera - Jawa kepada para kontraktor yang berpengalaman mengerjakan proyek-proyek kelistrikan. "Proyek ini direncanakan mulai dibangun pada tahun 2013 dan ditargetkan beroperasi pada 2017," katanya.

Jika sistem interkoneksi sudah beroperasi, maka dalam kondisi tertentu, PLN bisa mengalirkan listrik dari wilayah yang memiliki cadangan daya besar ke wilayah yang membutuhkan tambahan listrik. Misalnya, jika pembangkit di Jawa sedang dalam proses maintenance atau perbaikan, maka PLN bisa mengalirkan listrik dari Sumatera ke Jawa agar listrik tetap handal. Demikian pula sebaliknya.

JAKARTA - Upaya memperkuat kehandalan pasokan listrik terus dilakukan. Kali ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap mengkoneksikan sistem kelistrikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News