Siswa SD di Rohil Harus Belajar di Ruangan Mirip Kandang Ayam

Siswa SD di Rohil Harus Belajar di Ruangan Mirip Kandang Ayam
Gubuk mirip kandang ayam yang digunakan 43 orang siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Pekaitan, Kabupaten Rohil, untuk belajar. Foto: Polres Rohil

jpnn.com, ROHIL - Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) harus belajar di sebuah bangunan reot seperti kandang ayam.

Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati Rahmat mengaku prihatin. Dia menuding pemerintah kabupaten telah lalai.

“Sangat prihatin. Pendidikan dasar merupakan kewenangan dari pemerintah kabupaten atau kota. Pendidikan yang merupakan urusan wajib, seharusnya ditata, kelola dengan baik,” kata Ade kepada JPNN.com, Kamis (7/9).

Menurut politikus Partai PAN ini, seharusnya Pemkab Rohil melakukan perencanaan, pendataan hingga pelaksanaan, bagaimana kondisi infrastruktur pendidikan di wilayahnya.

“Kondisi ini menunjukan bahwa Pemkab Rohil lalai dlm mengurus urusan wajibnya (pendidikan dasar). Sekalipun SD tersebut merupakan SD kelas jauh. Namun, tidak serta merta bisa dijadikan alasan untuk tidak menjadi prioritas,” tandas Ade.

Ade menambahkan Pemkab Rohil harus peduli dengan pendidikan, juga memperhatikan tenaga pendidik (Guru), insfrastruktur dan sebagainya harus memenuhi standar pelayanan minimal.

“Diharapkan pemerintah kabupaten atau kota, khususnya Rohil tetap fokus dalam pemenuhan amanat UU 23 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah,” pungkasnya.

Sebanyak 43 orang siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Pekaitan, Kabupaten Rohil, terpaksa belajar di sebuah bangunan reot gegara akses jalan yang tidak memadai.

Puluhan siswa SD 006 Pekaitan, Kabupaten Rohil harus belajar di sebuah bangunan reot seperti kandang ayam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News