Situ Gintung Dijadikan Bendungan

Renovasi Tuntas, Dua Bulan Lagi Diisi Air

Situ Gintung Dijadikan Bendungan
Situ Gintung Dijadikan Bendungan
TANGSEL - Renovasi danau buatan Situ Gintung selesai. Dua bulan mendatang, situ yang pernah jebol dan memakan korban 84 jiwa itu akan diisi air. Tapi masih menunggu surat sertifikasi dari Komisi Keamanan Bendungan Nasional.

Kini, Situ Gintung yang jebol dua tahun silam dan meluluhlantakan ratusan rumah ini berubah status menjadi bendungan. Kepala Balai Besar Sungai Wilayah Ciliwung-Cisadane, Imam Santoso usai doa bersama peringatan dua tahun jebolnya tanggul Situ Gintung mengatakan perubahan status itu  mengingat ketinggian situ yang di atas 15 meter, Minggu (27/3).

”Pasca-kejadian dua tahun lalu, maka status Situ Gintung diubah menjadi bendungan,” terangnya. Bendungan seluas 72 hektar ini mampu menampung air 1,2 juta meter kubik.

Guna mencegah bencana terulang, bendungan ini dilengkapi alat pemantau ketinggian air. Alat pantau itu berbentuk kotak-kotak beton yang ditempatkan di sepanjang bendungan. Jadi, bila terjadi rembesan air akan disegera terdeteksi.

TANGSEL - Renovasi danau buatan Situ Gintung selesai. Dua bulan mendatang, situ yang pernah jebol dan memakan korban 84 jiwa itu akan diisi air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News