SJSN Layani Masyarakat Tanpa 'Kasta'

SJSN Layani Masyarakat Tanpa 'Kasta'
SJSN Layani Masyarakat Tanpa 'Kasta'
JAKARTA - Setiap warga negara berhak mendapatkan layanan kesehatan yang sama dari pemerintah. Untuk itu, keseriusan pemerintah dalam menerapkan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) harus diterapkan. Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Dyah Pitaloka, dalam diskusi "Is a win-win solution possible?", di Jakarta, Senin (22/2).

"Jadi, tidak ada perbedaan kelas bagi warga negara Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," katanya. Ditekankan Rieke, program SJSN akan menghilangkan perbedaan pelayanan terhadap pasien yang kaya dan miskin.

"Orang yang sakit harus dilayani sesuai dengan penyakitnya, bukan karena status sosialnya," tegasnya. Jaminan sosial, kata Rieke pula, sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, terlebih lagi sebagai amanat konstitusi, UUD 1945, khususnya Pasal 28 dan 34.

Rieke sendiri mengaku yakin, program SJSN akan mampu meminimalisir masalah ketidakpuasan rakyat miskin terhadap pelayanan rumah sakit. Karena menurutnya pula, tujuan akhir dari program SJSN tersebut adalah tidak hanya untuk pekerja, tetapi juga pengusaha.

JAKARTA - Setiap warga negara berhak mendapatkan layanan kesehatan yang sama dari pemerintah. Untuk itu, keseriusan pemerintah dalam menerapkan Sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News