SKI: Perkuat Semangat Kebersamaan Rakyat Melalui Budaya Guyub

SKI: Perkuat Semangat Kebersamaan Rakyat Melalui Budaya Guyub
SKI: Perkuat Semangat Kebersamaan Rakyat Melalui Budaya Guyub. Foto: dok. SKI

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus nasional Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Dr. Untoro Hariadi menilai proses rembuk antarwarga atau musyawarah tampak menghilang di tengah kehidupan modern.

Menurut Untoro, masyarakat Indonesia yang dikenal guyub mulai beralih menjadi individual, terutama di kota-kota besar.

Padahal, kata dia, musyawarah adalah bagian dari budaya dan ciri khas bangsa Indonesia yang sudah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang.

"Dengan bermusyawarah, masyarakat dapat menghasilkan ide ataupun memecahkan suatu masalah dengan cara yang paling ideal, yakni mengedepankan kepentingan bersama," ujar Untoro Hariadi, dalam keterangannya, Jumat (21/7).

Pendukung Bakal Calon Presiden Anies Baswedan ini menyatakan bahwa pendidikan saat ini kurang memberikan contoh bagaimana bermusyawarah yang baik yang benar.

Hal ini membuat generasi penerus bangsa saat ini tidak mengerti bagaimana berdiskusi dan melempar gagasan dengan cara yang sesuai dengan nilai dan norma.

"Ruang musyawarah di tingkat masyarakat itu sekarang nyaris tidak ada. Cara-cara bagaimana bermusyawarah, sikap-sikap yang harus dikedepankan, bagaimana bermusyawarah tidak pernah diajarkan di sekolah-sekolah," tutur Untoro Hariadi.

Dia lantas mempertanyakan pendidikan di Indonesia yang terkesan mengesampingkan musyawarah. Padahal, musyawarah adalah salah satu wujud ideologi masyarakat Indonesia yang tertuang di dalam sila ke-4 Pancasila.

Pengurus nasional SKI menilai untuk perkuat semangat kebersamaan rakyat perlu dilakukan melalui budaya guyub.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News