Soal TKI, Menakertrans Pimpin Tim Audit Total

Soal TKI, Menakertrans Pimpin Tim Audit Total
Soal TKI, Menakertrans Pimpin Tim Audit Total
JAKARTA – Hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) yang menyoroti persoalan tenaga kerja Indonesia direspons serius pemerintah. Presiden Susilo Bambang Yudhoyo membentuk tim terpadu untuk melakukan evaluasi menyeluruh pengiriman TKI ke luar negeri.

”Kami diperintah presiden untuk melaksanakan audit total atau evaluasi untuk mengevaluasi negara-negara tujuan yang memberi manfaat kurang baik untuk tenaga kerja kita,” ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar usai mengikuti pembukaan Temu Konsultasi Lembaga Kerjasama Tripartit Nasional dan Daerah di Istana Negara, Jakarta (13/4).

Menakertrans ditunjuk sebagai koordinator tim tersebut dengan anggota lintas kementerian. Antara lain Kemenlu, Kemendagri, Kemenkum HAM, dan Polri. ”Tinggal menunggu Keppresnya, lalu bekerja,” kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin.

Evaluasi dilakukan terkait semua hal terkait dengan TKI. Misalnya persoalan perlindungan TKI, sistem perekrutan dan penempatan, dan asuransi TKI. Muhaimin menuturkan, hasil tim terpadu kemungkinan terkait dengan tiga hal.

JAKARTA – Hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) yang menyoroti persoalan tenaga kerja Indonesia direspons serius pemerintah. Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News