Soal UAS Diusulkan Model Essay

Soal UAS Diusulkan Model Essay
Soal UAS Diusulkan Model Essay
JAKARTA — Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Djaali, mengusulkan kepada pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) agar soal-soal yang diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah (UAS) dibuat dalam bentuk essay.

Pasalnya, soal UN sudah berbentuk pilihan ganda, sehingga alangkah baiknya jika soal UAS dibuat dalam bentuk essay. Djaali mengatakan, imbauan ini juga bertujuan agar para guru dan sekolah dapat mampu mengukur pemahaman dan pengetahuan siswa dalam mengerjakan soal ujian.

“Jadi, soal pilhan ganda yang ada di UN sebaiknya tidak ditanyakan kembali di dalam essay. Sekolah pun dapat membuat soal yang bersifat bersifat penjabaran. Dari situ, akan terlihat daya tangkap dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan," kata Djaali, Kamis (9/12).

Dia mengatakan, usulan pembuatan soal UAS dalam bentuk essay tersebut dinilai sesuai dengan tujuan pemerintah yang akan menjadi UN tahun depan lebih komprehensif dibandingkan sebelumnya. “Meskipun soal UAS dibuat dalam bentuk essay, akan tetapi pembuatan kisi-kisi tetap dibuat oleh pemerintah sehingga dapat terpetakan dengan baik,” tukasnya.

JAKARTA — Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Djaali, mengusulkan kepada pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News