Soeharto Diangkat jadi Pahlawan? Ini Jawaban Mensos

Soeharto Diangkat jadi Pahlawan? Ini Jawaban Mensos
Mensos Khofifah Indarparawansa di kompleks Istana Negara. Foto; Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Presiden RI ke 2 Soeharto sempat diusulkan menjadi pahlawan nasional. Mensos Khofifah Indarparawansa mengakui bahwa usulan itu sudah diterima kementeriannya sejak lama dan telah diberikan pada Dewan Gelar.

Namun, sampai saat ini Dewan Gelar belum memutuskan hasil usulan tersebut. Sejauh ini, menurut Khofifah, kementeriannya hanya mengingatkan Dewan Gelar untuk membahas lagi nama-nama yang sudah diusulkan sebagai pahlawan. Salah satunya adalah nama Soeharto.

“Waktu itu dari dewan gelar memutuskan ini diendapkan sampai menunggu waktu yang tepat. Jadi kami hanya mengingatkan kembali ke dewan gelar bahwa dulu ada keputusan orang-orang tertentu yang sudah diusulkan jadi calon pahlawan nasional itu membutuhkn kepastian,” ujar Khofifah di kompleks Istana Negara, Jakarta.

Selain Soeharto ada juga nama Presiden Abdurrahman Wahid yang diusulkan sebagai pahlawan nasional. Namun, nama keduanya sama-sama belum dibahas Dewan Gelar.

Khofifah enggan menjawab pertanyaan awak media massa terkait isu yang beredar bahwa nama keduanya sudah siap menjadi pahlawan nasional. Dia mengatakan itu tergantung laporan Dewan Gelar pada Presiden Joko Widodo.

“Pokoknya kami sudah menyurat kembali pada dewan gelar bahwa dulu pernah ada ada nama-nama yang diendapkan,” pungkasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA—Presiden RI ke 2 Soeharto sempat diusulkan menjadi pahlawan nasional. Mensos Khofifah Indarparawansa mengakui bahwa usulan itu sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News