Sop tanpa Lemak, Bondan pun Kebelet Nyicip

Sop tanpa Lemak, Bondan pun Kebelet Nyicip
Sop tanpa Lemak, Bondan pun Kebelet Nyicip
MEDAN- Indonesia kaya sekali dengan kuliner bernama sop. Di seluruh penjuru Nusantara memiliki masakan sop dengan aneka rasa dan ciri khas daerah masing-masing. Begitu juga dengan sop di Medan. Salah stau rumah makan yang paling banyak dikunjungi adalah Rumah Makan (RM) Hj Uty Jalan Besar Medan-Tanjungmorawa. Sepintas tidak ada yang beda dengan  rumah makan yang khusus menyajikan sop ini, tempatnya sederhana berdindingkan gedek dan beratapkan daun rumbia.  

Tapi jangan salah, ahli kuliner Bondan Winarno ternyata juga kebelet mencicipi rasa sop yang disajikan. Tepatnya, pada  15 Juli 2008 RM Hj Uty ini dikunjungi Host Program Televisi Wisata Kuliner itu. Padahal warung itu baru beroperasi 2004 lalu. “Waktu itu saya heran kenapa rumah makan saya datangi pak Bondan. Perasaan saya gembira dan bangga,” kata Hj Dara Sukmalia, Pemilih RM Hj Uty.

 

Awal mulanya, ibu tiga anak berdarah Jawa-Banjar ini tidak menyangka usahanya akan maju seperti sekarang ini. Soalnya pertama kali buka untuk menghabiskan 1,5 kg daging sulit. Tapi sekarang sudah menghabiskan 12-15 kg daging setiap hari.

Bak seperti magnet, saat jam makan tiba pengunjung tanpa diundang singgah makan di RM Hj Uty. Bahkan, 30 kursi yang disediakan kadang kala kurang untuk menampung para pengunjung. Tapi untungnya pengunjung datang silih berganti. Datang, makan dan pulang. “Seperti inilah kondisi sekarang,” ungkap perempuan yang mengenakan jilbab ini.

Apa yang buat penasaran kenapa RM ini jadi favorit?  Dari hasil wawancara dengan beberapa pengunjung, sop yang disajikan RM Hj Uty beda dengan sop yang lain. Dari sisi rasa, sop Hj Uty luar biasa. Aroma rempah-rempah (pala dan merica) menambah selera makan. Selain itu, daging yang disajikan juga daging asli tanpa lemak.

MEDAN- Indonesia kaya sekali dengan kuliner bernama sop. Di seluruh penjuru Nusantara memiliki masakan sop dengan aneka rasa dan ciri khas daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News