Soroti Program Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis, Brando Beri Catatan Begini

Soroti Program Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis, Brando Beri Catatan Begini
Pelaku Usaha Distribusi Elpiji Pertamina Brando Susanto menyikapi program bagi-bagi kompor listrik gratis dengan perangkatnya dalam rangka alih subsidi dari elpiji ke subsidi listrik yang dianggap lebih murah. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku Usaha Distribusi Elpiji Pertamina Brando Susanto menyikapi program bagi-bagi kompor listrik gratis dengan perangkatnya dalam rangka alih subsidi dari elpiji ke subsidi listrik yang dianggap lebih murah.

Menurut Brando, program tersebut belakangan ini ramai di masyarakat.

Dia menyebut banyak analisis juga beredar bahwa Kompor Listrik adalah solusi untuk menghemat energi terhadap beban subsidi elpiji yang makin besar.

“Perhitungan harus benar-benar dilihat dari nilai hari ini dan ke depan. Apakah listrik kita akan selalu murah dan stabil? Jangan-jangan timbul masalah baru di masyarakat nantinya,” ujar Brando Susanto, Kamis (22/9/2022).

Brando merasa aneh jika pemerintah terburu-buru mendorong bagi-bagi kompor listrik gratis.

Menurut Brando, listrik dan elpiji sama-sama produk energi tidak terbarukan dan harganya ditentukan oleh currency luar dan market Internasional.

Oleh karena itu, menurut Brando, dalam jangka waktu menengah, solusi Kompor Listrik akan menimbulkan masalah baru juga dan malah merepotkan masyarakat kembali yang tidak mudah.

"Kebanyakan listrik kita dihasilkan berbasis diesel dan batu bara. Jadi, bisa dibayangkan suatu saat juga akan problem dengan harga beban subsidi,” ucap Brando yang juga pemerhati dinamisasi subsidi energi untuk masyarakat ini.

Brando menyikapi program bagi-bagi kompor listrik gratis dengan perangkatnya dalam rangka alih subsidi dari elpiji ke subsidi listrik yang dianggap lebih murah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News