SPI Minta Konflik Tanah dan Normalisasi Harga Sawit Diatasi

SPI Minta Konflik Tanah dan Normalisasi Harga Sawit Diatasi
Demo. Foto ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, PASBAR - Puluhan aktivis mahasiswa dan anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Pasbar melakukan demonstrasi ke kantor bupati setempat, Senin (24/9).

Kedatangan mereka ini dimaksudkan agar persoalan agraria dan harga sawit dapat normal.

"Kedatangan kami ini berkaitan dengan Hari Tani Nasional ke-55. Kami ingin agar ada penyelesaian konflik tanah dan melaksanakan reforma agraria sebagai bentuk pemenuhan hak-hak petani."

“Kemudian kami juga ingin harga sawit kembali normal, karena beberapa bulan belakangan ini harga sawit anjlok di Pasbar," kata Ketua Serikat Petani Indonesia Pasaman Barat, Januardi saat menyampaikan orasinya di halaman kantor bupati setemoat, Senin (24/9).

Dikatakan, ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan, yakni itu meminta Pemkab Pasbar melaksanakan reforma agraria sehati dalam rangka pemenuhan hak asasi petani, selesaikan konflik agraria di Pasaman Barat secepatnya dan cabut perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan yang bersengketa dengan petani.

Kemudian tolak perpanjangan HGU yang bersengketa dengan petani dan bagikan tanah terlantar kepada petani. Selanjutnya hentikan intimidasi dan kriminalisasi terhadap pejuang petani dan masyarakat adat dalam menuntut keadilan atas hak-hak keperdataannya oleh penegak hukum.

Mendesak Pemkab Pasbar segera membentuk tim penyelesaian konflik agraria dengan kewenangan yang kuat untuk dapat menyelesaikan konflik tanah di Pasbar dengan melibatkan petani atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai perwakilan petani.

Dia menambahkan berdasarkan Keputusan Presiden Tanggal 24 September 1960 yang merupakan hari lahir Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang peraturan pokok agraria yang meletakkan dasar-dasar bagi penyelengara yang akan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus dijunjung tinggi.

Puluhan aktivis mahasiswa dan anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Pasbar melakukan demonstrasi ke kantor bupati setempat, Senin (24/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News