Srikandi Ganjar Adakan Pelatihan Pembuatan Telur Asin Asap Khas Brebes

Srikandi Ganjar Adakan Pelatihan Pembuatan Telur Asin Asap Khas Brebes
Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat telur asin asap di Brebes. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BREBES - Srikandi Ganjar melanjutkan inovasi program sosialisasinya dengan melakukan pelatihan pembuatan telur asin asap khas Brebes di Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (11/7).

Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar Jawa Tengah Putri Meilani mengungkapkan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai wadah sosialisasi masyarakat Brebes, serta melestarikan kuliner yang sudah melegenda.

"Pelatihan pembuatan telur asin asap kami gelar dalam rangka melestarikan kuliner khas Brebes, serta kami ingin bersilaturahmi dengan perempuan yang ada di Brebes," kata Putri dalam siaran persnya.

Sebagai langkah awal dari pelatihan tersebut, Srikandi Ganjar membekali pelatihan seputar proses produksi pembuatan telur asin asap yang berkualitas yang didampingi oleh mentor berpengalaman.

"Kami awali dengan proses produksinya terlebih dahulu, seperti pembuatan adonan dari garam, batu bata merah dan abu gosok, menyiapkan telur bebeknya yang direbua hingga matang. Kemudian ditaburi adonan itu selama beberapa hari hingga akhirnya di asapkan hingga kecoklatan," ujarnya.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari program Srikandi Ganjar dukung UMKM. Nantinya para peserta akan terus didampingi dan diberikan bantuan fasilitas maupun keterlibatan dalam membuka usaha dalam setiap kegiatan yang dilakukan Srikandi Ganjar.

"Ini akan kami atur ke dalam program Srikandi Ganjar Jawa Tengah dukung UMKM, bagaimana mereka bisa bewirausaha dan mandiri secara finansial, dengan kondisi sekarang tentu sangat memungkinkan," kata Putri.

Putri mengaku para peserta merespons baik kegiatan tersebut serta siap mendukung setiap agenda yang dibuat oleh Srikandi Ganjar.

Sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan pembuatan ikan asin khas Brebes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News