JPNN.com

Srikandi Tani Kampung Becek Ajak Warga Tanam Hidroponik

Sabtu, 28 November 2020 – 00:27 WIB
Srikandi Tani Kampung Becek Ajak Warga Tanam Hidroponik - JPNN.com
Sandiaga Uno mengunjungi Kelompok Tani D'Syafa, Kampung Becek, Kelurahan Malaka, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: Dok Humas RIB

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok Tani D'Syafa, Kampung Becek, Kelurahan Malaka, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, telah menyulap ruang sempit menjadi lahan hijau.

Kelompok tani yang berisi ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 05 ini menerapkan urban farming dan coba memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri kala pandemi Covid-19.

Melalui inovasi pertanian dengan metode aquaponik budidaya ikan dalam ember, kini lahan bekas pembuangan puing dan sampah di jadi hijau dengan tanaman teleng, kelor, pokcoy, kangkung, bayam.

"Tadinya banyak puing dan sampah, akibatnya banyak orang terkena DBD di situ, akhirnya kami inisiatif ubah," kata Haryati, anggota kelompok D'Syafa, Jumat (27/11).

Bagi warga, berkebun mendekatkan mereka pada sumber makanan. Sayur mayur yang ditanam sendiri lebih jelas perawatannya dan harganya pun lebih murah. Di pasaran, harga sayuran organik dibanderol 2-3 kali lipat dari sayur pada umumnya.

Ditumbuhi lebih dari sepuluh jenis tanaman, akhirnya seluruh sayuran bisa diperuntukan bagi warga serta dipasarkan ke sejumlah konsumennya.

"Warga mengusulkan agar hasil tanaman tadi dijadikan tambahan lauk. Dari situ, saya berpikir caranya agar hasil tanam ini bisa mendapatkan nilai jual lebih lagi," tambahnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh para srikandi poktan ini rupanya menarik perhatian masyarakat. Bahkan, beberapa kelompok tani lain berkunjung untuk diskusi mengenai pengolahan hidroponik yang dilakukan oleh kelompok tani yang didirikan sejak tahun 2018 ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama