Status KPU = SOS!

Status KPU = SOS!
Status KPU = SOS!
JAKARTA—Direktur Eksekutif Centre for Electoral Reform (CETRO) Hadar Gumay menilai penyelenggaraan Pemilu tahun depan dalam posisi bahaya. Apalagi banyak ditemukan ketidakberesan yang dilakukan KPU dalam tahapan proses Pemilu. "Penyelenggara Pemilu tidak sensitive melihat keadaan di lapangan. Sebut saja masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang  ditetapkan dalam keadaan belum tetap," kata Hadar, Jumat (7/11).

Ditambahkannya, KPU tidak memiliki prioritas kerja yang jelas dan kurang koordinasi antar sesama anggota. Keadaan ini sangat membahayakan karena bisa mengganggu jalannya Pemilu 2009. "Pemilu 2009 merupakan hajatan bangsa yang sangat penting karena itu jangan sampai rusak karena ketidaksiapan KPU. Saat ini bisa dibilang KPU dalam status SOS!," tegas Hadar.

Untuk mengubah kinerja KPU, salah satu jalan yang ditempuh adalah meminta anggota KPU mengurangi kegiatan yang tidak terkait langsung dengan penyelenggaraan Pemilu. "Presiden dan Komisi II DPR harus memanggil anggota KPU untuk mengingatkan agar bekerja lebih serius dan fokus. Jangan cuma jalan-jalan melulu," cetus Hadar sembari meminta KPU lebih membuka diri terhadap aspirasi masyarakat. (esy)

JAKARTA—Direktur Eksekutif Centre for Electoral Reform (CETRO) Hadar Gumay menilai penyelenggaraan Pemilu tahun depan dalam posisi bahaya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News