Kamis, 20 September 2018 – 23:19 WIB

Stephen Hawking: Ilmuwan Favorit Hollywood

Rabu, 14 Maret 2018 – 16:43 WIB
Stephen Hawking: Ilmuwan Favorit Hollywood - JPNN.COM

jpnn.com - Tidak banyak ilmuwan yang bisa dikategorikan sebagai selebritas. Apalagi ketika bidang ilmu yang didalami adalah fisika teoretis. Almarhum Stephen Hawking adalah salah satu yang berhasil mendobrak batas antara komunitas sains dengan masyarakat umum.

Semasa hidupnya, ilmuwan Inggris itu beberapa kali tampil di film dan serial televisi. Baik dalam bentuk fisik, animasi atau rekaman suaranya saja. Namanya juga disebut dalam berbagai karya populer, mulai dari novel, lagu, video game, hingga komik.

Semua itu terjadi berkat bukunya yang paling populer, A Brief History of Time (1988). Buku berisi penjelasan sederhana tapi mendetail tentang alam semesta dan hukum-hukumnya itu jadi bestseller dan sang penulis terkenal.

Kalangan penggemar fiksi ilmiah mengidolakan dan menjadikan karya Hawkings tersebut sebagai sumber inspirasi.

Tak heran, pada 1993 dia diundang untuk tampil sebagai cameo di serial Star Trek: The Next Generation. Hawking memerankan dirinya sendiri yang tampil dalam bentuk simulasi hologram di kapal luar angkasa USS Enterprise.

Pada tahun yang sama, band rock Pink Floyd menggunakan suara Hawking untuk pembukaan lagu "Keep Talking" dari album The Division Bell.

Serial kartun The Simpson juga mengakui status selebritas Hawking dengan menampilkan pria kelahiran Oxford itu dalam salah satu episode.

Hawking pun mengizinkan penggunaan suarnya untuk keperluan film The Theory of Everything (2014). Dalam film biografi itu, karakter Hawking sendiri diperankan aktor Eddie Redmayne.

Sumber : BBC
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar