Strategi Bea Cukai Sibolga Dorong Ekspor

Strategi Bea Cukai Sibolga Dorong Ekspor
Bea Cukai Sibolga, PT Pelabuhan Indonesia I cabang Sibolga dan Pemda Sibolga menyelenggarakan FGD bertajuk Menggali Potensi Perekoniamn Daerah Dengan Menggalakkan Ekspor Melalui Pelabuhan Sibolga. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, SIBOLGA - Bea Cukai Sibolga bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia I cabang Sibolga dan Pemerintah Daerah Sibolga menyelenggarakan focus group discussion bertajuk Menggali Potensi Perekoniamn Daerah Dengan Menggalakkan Ekspor Melalui Pelabuhan Sibolga.

Kegiatan ini merupakan perwujudan salah satu tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator yaitu memfasilitasi perdagangan dan industri di Indonesia.

Kepala Kantor Bea Cukai Sibolga Kurnia Saktiyono mengungkapkan bahwa Bea Cukai terus berupaya untuk berperan lebih aktif dalam mendorong perekonomian negara.

BACA JUGA: Bea Cukai Tanjung Emas Dukung Deklarasi Pencanangan WBK-WBBM

“Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggalakkan ekspor. Jika pajak diibaratkan sebagai buah yang terdapat di pohon, peran Bea Cukai bukan hanya untuk memetiknya, melainkan juga merawatnya agar dapat terus menghasilkan buah (pajak) yang berkualitas,” ujarnya.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutahuruk mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Sibolga siap mendukung program dari Bea Cukai.

“Kami dari Pemkot Sibolga siap mendukung program pengembangan yang dilakukan oleh kantor Bea Cukai Sibolga. Sinergitas antara instansi vertikal dengan pemerintah daerah harus terjalin dengan baik, agar bisa sama-sama bergerak,” ucapnya.

Potensi yang dimiliki daerah Sibolga dapat dikatakan cukup mematai untuk ekspor. Namun, produksi yang kurang memenuhi target serta beberapa persyaratan lainnya juga yang belum dapat ditunaikan menjadi salah satu penyebab vakumnya kegiatan ekspor impor saat ini melalui pelabuhan Sibolga ini.

Bea Cukai Sibolga bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia I cabang Sibolga dan Pemerintah Daerah Sibolga menyelenggarakan focus group discussion bertajuk Menggali Potensi Perekoniamn Daerah Dengan Menggalakkan Ekspor Melalui Pelabuhan Sibolga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News