JPNN.com

Stres, Harimau Bengala jadi Kurus

Jumat, 10 Desember 2010 – 18:32 WIB Stres, Harimau Bengala jadi Kurus - JPNN.com
KOLKATA - Cuaca ekstrem yang berdampak serius pada lingkungan hidup, tidak hanya menjadi beban pikiran manusia. Binatang pun ikut stres menyikapi perubahan lingkungan yang begitu cepat. Salah satunya, spesies harimau Bengala di India. Bahkan, saking depresinya, harimau-harimau langka itu menjadi kurus.

Dibanding satu dekade lalu, ukuran harimau-harimau Bengala yang menghuni Taman Nasional Sundarban di sekitar Teluk Bengala jauh lebih kecil. Jumlah raja rimba itu kian menyusut dan bahkan mendekati punah. Ukuran tubuh mereka juga menyusut.

"Kami terkejut mendapati binatang-binatang yang sehat itu hanya berbobot 98 kilogram," kata Subrata Mukherjee, direktur Reservasi Harimau Sundarban. Normalnya, berat seekor harimau dewasa yang sehat lebih dari 140 kilogram.

Para pakar yang terlibat dalam survei tersebut menyimpulkan bahwa harimau-harimau Bengala itu stres. "Habitat hidup mereka berubah karena dampak perubahan iklim dan pemanasan global. Itu yang membuat mereka stres," terang Pranabesh Sanyal, pakar harimau pada International Union for Conservation of Nature and Natural Resources. (hep/dos)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...