Sudah 30 Jaksa Nakal Dipecat

Sudah 30 Jaksa Nakal Dipecat
Sudah 30 Jaksa Nakal Dipecat
JAKARTA - Kejaksaan terus melakukan pembersihan internal dari jaksa nakal. Hal ini dibuktikan dengan telah dipecatnya 30 jaksa bermasalah karena terlibat berbagai tindak pidana maupun pelanggaran berat. Jumlah ini naik hampir dua kali lipat dibanding tahun 2009 yang hanya 18 jaksa.

Menurut Jaksa Agung Muda Pengawasan Marwan Effendy, Rabu (8/12), mengatakan, jumlah jaksa nakal itu kemungkinan bertambah sebab tahun 2010 belum selesai. Selain pemecatan, lanjut dia, selama periode Januari sampai 8 Desember 2010, pihaknya juga telah mencopot 40 jaksa dari jabatannya.

"Ini bukti kita tidak seperti tudingan LSM, bahwa kita selalu melindungi teman sendiri," ucap Marwan di depan anggota Komisi III DPR RI. Dengan penerapan sanksi tegas, lanjut dia, diharapkan tren pelanggaran di jajaran Adhyaksa itu bisa menurun.

Sebaliknya bagi jaksa berprestasi, penghargaan juga akan diberikan. Jaksa Agung Basrief Arief bahkan berjanji akan mengeluarkan aturan baru untuk memberikan kesetaraan, atau bahkan penghargaan terhadap jaksa yang diperbantukan di lembaga hukum lain seperti KPK. "Rinciannya akan saya jabarkan lewat Perja (Peratiuran Jaksa Agung)," kata Basrief.

JAKARTA - Kejaksaan terus melakukan pembersihan internal dari jaksa nakal. Hal ini dibuktikan dengan telah dipecatnya 30 jaksa bermasalah karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News