Sudah Mengerucut, Momentumnya Sangat Tepat

Sudah Mengerucut, Momentumnya Sangat Tepat
Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono bersama peserta kegiatan Training of Trainers (ToT) dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Semarang, Jawa Tengah. FOTO: Humas MPR RI

jpnn.com - SEMARANG – Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono berkesempatan menyampaikan beberapa arahan kepada peserta kegiatan Training of Trainers (ToT) dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Semarang, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. Peserta ToT ini berasal dari lingkungan perguruan tinggi swasta dan negeri se-Jawa Tengah.

Dalam arahannya, Ma’ruf Cahyono mengatakan maksud dan tujuan MPR RI melakukan kegiatan sosialisasi adalah untuk mendapatkan masukan, gagasan dan aspirasi dari para peserta. MPR juga akan mengevaluasi kelompok sasaran peserta. Jangan sampai yang dihadirkan dalam ToT tidak seperti yang diharapkan yakni yang bisa menyampaikan secara eksploratif tapi tepat berdasarkan norma.

“Kami sangat berharap bapak dan ibu peserta menjadi penyampai yang baik dan berupaya agar apa yang menjadi materi sampai secara tepat kepada diri sendiri dan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing,” katanya.

Ma’ruf Cahyono mengingatkan bahwa praktik ketatanegaraan Indonesia sangat dinamis sekali. Jika MPR mendapat masukan dan gagasan yang baru itu sangat bagus sekali sebab sekali lagi memang dalam praktik tata negara sangat dinamis sekali. Untuk itu, para peserta harus pandai-pandai menyampaikan ini dengan gaya yang dirasa nyaman.

“Tapi saya berharap materi-materi ini diupayakan jangan hanya sampai pada tataran mendasar pada aspek kognisi saja tapi juga sampai pada aspek psikomotoris. Itu yang kami mau sebab sudah lama sekali sosialisasi ini berjalan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, lanjut Ma’ruf Cahyono, arus besar aspirasi masyarakat saat ini menghendaki adanya penyempurnaan menuju kesempurnaan. Untuk mengakomodir hal tersebut, MPR memerlukan suatu pikiran-pikiran kritis yang muncul dari pihak akademisi.

Secara aktif, MPR sangat mengharapkan hasil-hasil pikiran yang ada di kampus-kampus, apalagi pikiran-pikiran itu terformula menjadi pikiran-pikiran yang terstruktur.

Pikiran-pikiran terstruktur tersebut sangat bermanfaat jika para akademisi sang empunya pemikiran mau dan ikhlas berbagi dengan MPR.  Sebab, MPR saat ini sedang menghadap hal yang sangat besar yakni yang utama adalah soal amandemen UUD.

SEMARANG – Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono berkesempatan menyampaikan beberapa arahan kepada peserta kegiatan Training of Trainers

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News