Sudah Saatnya KPK Bongkar Korupsi BBM Subsidi

Sudah Saatnya KPK Bongkar Korupsi BBM Subsidi
Sudah Saatnya KPK Bongkar Korupsi BBM Subsidi
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, menilai keberanian yang diperlihatkan KPK perlu dimaknai sebagai upaya serius menghidupkan kembali momentum perang melawan korupsi. Menurutnya, kini KPK menjadi panglima dalam perang melawan korupsi karena penegak hukum lainnya tak bekerja optimal sehingga membuat masyarakat bersikap sinis.

Meski demikian Bambang tetap berharap KPK bisa all-out dalam pemebrantasan korupsi, termasuk mengungkap kasus Century, mafia pajak dan pencurian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. "Penegak hukum tidak mengidentifikasi tiga kasus itu sebagai kejahatan besar terhadap negara dan rakyat. Padahal, kerugian negara dan rakyat sangat besar," kata Bambang, Minggu (9/12).

Ia mengatakan, 30 persen dari total kuota BBM bersubsidi diselewengkan maka korupsi dari sektor BBM itu bisa mencapai puluhan triliun rupiah per tahun.  "Dan kerugian sebesar itu berlangsung setiap tahun dari pos anggaran yang sama," imbuhnya.

Kini, sambung dia, optimisme masyarakat muncul lagi setelah melihat progres yang dicatat KPK dalam menangani sejumlah kasus besar. Dalam rentang relatif pendek, kepemimpinan KPK periode ketiga ini berani menetapkan status tersangka terhadap seorang menteri yang masih aktif di kabinet.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, menilai keberanian yang diperlihatkan KPK perlu dimaknai sebagai upaya serius menghidupkan kembali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News