Sudding Minta Mahfud MD Jangan Terus Menyudutkan Polisi

Sudding Minta Mahfud MD Jangan Terus Menyudutkan Polisi
Sarifuddin Sudding. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Syarifuddin Sudding menyayangkan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut polisi itu sekarang ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga, bangun dikejar anjing, meninggal lalu mau dikubur, kuburannya sudah penuh.

Mahfud menyampaikan hal itu seusai menghadiri Dies Natalis ke-65 Universitas Diponegoro (Undip) sekaligus memberikan orasi ilmiah bertema ‘Negara, Demokrasi dan Kesejahteraan Rakyat’ pada Sabtu (15/10/2022) lalu.

“Saya prihatin dan sangat menyayangkan sikap Mahfud MD. Sebagai Menko Polhukam seharusnya memberi motivasi dan semangat kepada Polri supaya ke depan lebih baik. Itu memang tugas Menko Polhukam, bukannya terus-terusan malah menyudutkan Polri,” ujar Sudding, Selasa (25/10/2022).

Sebab, kata Sudding, masih banyak anggota Polri yang baik serta memahami tugas pokok dan fungsinya secara proporsional.

Sebagai Menko Polhukam, menurut Sudding, seharusnya Mahfud mencarikan jalan keluar terhadap masalah yang dialami kepolisian, jangan malah mencibir dan mengolok-olok polisi.

“Jangan karena ada kasus Sambo, dan kasus Irjen Teddy Minahasa dan kasus lainnya, semua disamaratakan. Justru dengan adanya kasus-kasus tersebut dijadikan pintu masuk untuk lakukan perbaikan dan pembenahan di internal Polri,” imbuhnya.

Sudding justru mengapresiasi langkah dan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang lakukan reformasi birokrasi di tubuh kepolisian sehingga persoalan-persoalan di internal Polri yang diakibatkan oleh oknum-oknum Polri, tanpa ada toleransi.

Dia menilai Kapolri melakukan pembenahan dengan tindakan tegas dengan harapan ke depan, polisi betul-betul kredibel, profesional, dan mampu menjalankan tupoksinya dengan benar.

Syarifuddin Sudding menyayangkan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut polisi sekarang ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga, bangun dikejar anjing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News