Minggu, 23 September 2018 – 12:16 WIB

Sukamta PKS Tagih Janji Jokowi Gandakan Anggaran Pertahanan

Rabu, 14 Maret 2018 – 15:37 WIB
Sukamta PKS Tagih Janji Jokowi Gandakan Anggaran Pertahanan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Sukamta mendesak Presiden Joko Widodo segera merealisasikan janji kampanyenya yang akan melipatgandakan anggaran pertahanan. Permintaan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sebagai respons atas kecelakaan alat utama sistem pertahana (alutsista) secara beruntun belum lama ini.

"Janji kampanye dan visi misi Presiden Jokowi yang ingin melipatgandakan anggaran pertahanan menjadi 1,5 persen dari PDB perlu segera direalisasikan. Ini penting supaya peremajaan alutsista bisa dilakukan sesuai kebutuhan," ucap Sukamta di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (14/3).

Sebelumnya, sebuah tank M113 mengalami kecelakaan di Kali Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, pekan lalu. Sedangkan sebuah kapal motor cepat milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Senin (11/3).

Sukamta menegaskan, kecelakaan alutsista hanya menunjukkan kelemahan pertahanan nasional. Bahkan, berbagai peristiwa itu bisa menurunkan deterrence effect negara di kawasan dan di dunia internasional.

Sekretaris Fraksi PKS itu menambahkan, bisa saja kecelakaan alutsista karena faktor manusianya. Tapi, bisa juga karena faktor alutsista yang memang tidak layak.

“Khusus untuk kondisi alutsista, harus disadari sudah saatnya pemerintah melakukan peremajaan alutsista TNI," tambah politikus asal Yogyakarta ini.(fat/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar