Sukarelawan Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Pembuatan Ikat Kepala Khas Cirebon

Sukarelawan Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Pembuatan Ikat Kepala Khas Cirebon
Pelatihan pembuatan ikat kepala khas Cirebon yang diadakan Ganjar Sejati. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan pembuatan ikat kepala khas Cirebon bersama sejumlah warga pada Rabu (21/6).

Koordinator Daerah Ganjar Sejati Cirebon Sahidin mengatakan alasan pihaknya menggelar pelatihan itu karena banyaknya warga Cirebon yang mengetahui adanya ikat kepala khas dari daerahnya.

"Orang Cirebon banyak yang belum tahu soal ikat kepala khas daerahnya. Pelatihan ikat kepala ini untuk membangun ekonomi kreatif dan melestarikan budaya Cirebon," kata Sahidin dalam siaran persnya, Rabu.

Pelatihan itu dipimpin langsung oleh salah satu seniman pembuat ikat kepala asal Cirebon. Jalannya pelatihan pun berlangsung menarik dan interaktif.

Di samping untuk melestarikan salah satu budaya Cirebon, kegiatan ini juga diharapkan bisa memotivasi para peserta untuk bisa berwirausa menjual ikat kepala khas Cirebon dan mendukung ekonomi kreatif.

"Harapannya untuk menunjang ekonomi supaya bisa ada UMKM yang menunjang perekonomian, bisa membuat ikat kepala khas Cirebon, dan bisa dipasarkan di wilayah lain," ujar Sahidin.

Melalui kegiatan yang terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo itu, dia berharap kesenian Cirebon bisa makin dikenal masyarakat luas.

Dia melanjutkan Ganjar Sejati akan kembali hadir di Cirebon untuk menggelar kegiatan lainnya untuk masyarakat.

Sukarelawan Ganjar Sejati mengadakan pelatihan pembuatan ikat kepala khas Cirebon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News