Sulap Kencing Sapi Melebihi Harga Seliter Bensin

Sulap Kencing Sapi Melebihi Harga Seliter Bensin
Sulap Kencing Sapi Melebihi Harga Seliter Bensin

Dua tahun bukanlah waktu singkat untuk bersabar menanti hasil dari sebuah penelitian. Namun setidaknya itu pula yang pernah dilalui para peneliti dan pakar dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud). Bergelut dengan kotoran sapi, kini mereka mendapatkan hasil luar biasa. Apa itu?

DIDIK D. PRAPTONO, Denpasar

BAGI sebagian masyarakat istilah bio-urine mungkin masih asing di telinga. Namun sebaliknya, bagi para peneliti FP Unud, bio-urine merupakan sebuah hasil mahakarya selama  hampir dua tahun.Sebuah produk pupuk multifungsi dengan lengkap memiliki kandungan unsur mikro, makro dan hormon tumbuh yang diperlukan tananan dan berasal dari air kencing atau urine sapi.

Radar Bali yang sempat mampir ke tempat produksi pembuatan bio-urine, yakni di kebun percobaan FP Unud, tepatnya di Pegok, Denpasar Selatan sempat terkagum-kagum dibuatnya. Bukan karena tempatnya, melainkan dengan hanya bahan yang nyaris tidak berguna dengan dibantu alat sederhana, ternyata para peneliti dan pakar pertanian Unud mampu menghasilkan produk memiliki nilai jual tinggi.

Dua tahun bukanlah waktu singkat untuk bersabar menanti hasil dari sebuah penelitian. Namun setidaknya itu pula yang pernah dilalui para peneliti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News