Sulbar akan Tolak Transmigran Tak Terampil

Sulbar akan Tolak Transmigran Tak Terampil
Sulbar akan Tolak Transmigran Tak Terampil
JAKARTA – Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh mengatakan akan menolak transmigran yang tidak terampil. Menurutnya, hal itu dilakukan agar keberadaan para transmigran tidak menjadi beban bagi daerahnya yang menjadi daerah penempatan.

"Kalau tidak memiliki keterampilan, hanya mengirim pengangguran, tidak bisa berbuat apa-apa. Kam tidak bisa terima. Karena itu hanya memindahkan kemiskinan dan memindahkan permasalahan dari daerah yang satu ke daerah yang baru," kata Anwar Adnan Saleh disela-sela Temu Nasional Transmigrasi  di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (16/12).

Karena itu menurut Adnan, transmigran sebelum dikirim harus dibekali pembinaan dalam bentuk keterampilan bercocok tanam,  kewirausahaan termasuk bagaimana menyesuaikan diri dengan kondisi wilayah daerah setempat.

“Jadi kami minta, khususnya gubernur-gubernur daerah asal itu melakukan pembinaan. Sebelum dikirim, harus dibina dulu. Jangan langsung dikirim begitu saja karena itu masalah buat kita,” katanya. Adnan juga meminta agar pembinaan itu dilakukan berkesinambungan dan bersinergi antara gubernur daerah asal transmigran dan pemerintah pusat. “Kalau tanpa ada sinergi tentu akan terjadi masalah. Fasilitas yang diberikan akan dijual, rumah, ternak yang diberkan dijual lalu kembali ke daerah asalnya. Itu yang terjadi,” tukasnya.

JAKARTA – Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh mengatakan akan menolak transmigran yang tidak terampil. Menurutnya, hal itu dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News