Surabaya Dilanda Hujan Es Lokal

Surabaya Dilanda Hujan Es Lokal
Surabaya Dilanda Hujan Es Lokal

jpnn.com - SURABAYA - Kejadian unik berupa hujan es terjadi di Surabaya kemarin (20/2). BMKG Maritim Tanjung Perak memastikan hujan es yang terjadi sekitar sejam itu merupakan fenomena biasa. Biasanya terjadi hujan es setahun sekali di Surabaya.

Berdasar pantauan Jawa Pos, pada pukul 17.30 turun hujan yang cukup aneh. Hujan tersebut tidak hanya berupa air, tetapi juga terdapat pecahan es. Kabut pun terjadi di Surabaya. Padahal, biasanya keadaan semacam itu terjadi di pegunungan.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Eko Prasetyo menuturkan, sebenarnya hujan es tersebut adalah fenomena yang biasa terjadi. Hujan es disebabkan kondensasi atau pengembunan yang tidak sempurna di atmosfer. ''Jadi, es tidak bisa mencair sempurna. Karena itu, saat jatuh ke tanah, ia masih berbentuk es,'' ujarnya.

Kondensasi itu terjadi karena suhu udara yang tidak memungkinkan. Hal tersebut disebabkan tekanan udara yang tidak stabil. Jadi, suhunya kurang panas untuk bisa mencairkan es tersebut. ''Itulah yang terjadi,'' terangnya. (idr/mas/end)


SURABAYA - Kejadian unik berupa hujan es terjadi di Surabaya kemarin (20/2). BMKG Maritim Tanjung Perak memastikan hujan es yang terjadi sekitar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News