Surat Kuasa

Oleh: Dahlan Iskan

Surat Kuasa
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - DUA perkembangan ini perlu dicatat. Pertama, penanganan perkara pelecehan seksual yang dihentikan. Kedua, tersangka Bharada E mencabut surat kuasa.

Dua-duanya menarik. Tren penanganan peristiwa Duren Tiga mungkin sudah tecermin dari dua kejadian itu.

Yang pertama, alasannya jelas: peristiwanya sendiri tidak ada. Pelecehan itu tidak ada. Yang ada hanyalah pelaporan.

Baca Juga:

Pelapornya Ny Ferdy Sambo. Lokasi kejadiannya di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Di Duren Tiga, Jakarta. Waktunya: pukul 17.00, tanggal 8 Juli 2022.

Laporan ke Polres Jakarta Selatan itu sendiri baru dilakukan keesokan harinya: tanggal 9 Juli.

Bunyi laporannya, tahan napas, kalimatnya panjang: "tentang kejahatan terhadap kesopanan dan atau perbuatan memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dan atau kekerasan seksual, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 289 KUHP dan atau Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 4 juncto Pasal 6 Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual". Dan yang seperti itu tidak ada.

Baca Juga:

Ada satu perkara lagi yang juga dihentikan penanganannya, tetapi tidak begitu berpengaruh pada tren ke depan. Yakni laporan Bharada E. Yang dilaporkan: Brigadir J. Isi laporan: Brigadir J melakukan percobaan pembunuhan terhadap dirinya.

Peristiwa ini juga tidak ada. Tembak-menembak itu hanya rekayasa. Apanya yang mau ditangani.

Dahlan Iskan menulis hal menarik tentang Deolipa Yumara, termasuk soal pencabutan surat kuasa oleh Bharada E. Sepertinya ada yang menginginkannya dicabut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News