Survei Ipsos: Ganjar Vs Prabowo Kejar-kejaran, Anies Makin Ketinggalan

Survei Ipsos: Ganjar Vs Prabowo Kejar-kejaran, Anies Makin Ketinggalan
Ilustrasi bakal capres Pilpres 2024 (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs merilis survei nasional terkait dinamika partai politik dan elektabilitas para tokoh potensial yang hendak berlaga dalam Pemilihan Presiden(Pilpres) 2024.

Survei ini digelar pada 22-27 Agustus di 24 provinsi, di daerah perkotaan dan perdesaan, menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 1.200 responden dengan margin of error ±2,83 persen.

“Pilpres makin dekat, sementara persaingan antarkandidat makin ketat. Dalam survei terbaru Ipsos, Ganjar Pranowo menduduki posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 40,12 persen, sementara Prabowo Subianto sebanyak 37 persen. Anies Baswedan menduduki peringkat ketiga dengan elektabilitas yang awalnya sebesar 25,60 persen turun menjadi 22,67 persen," ujar Deputy Director Ipsos Public Affairs Sukma Widyanti dalam paparannya.

Hasil ini menunjukan Ganjar Pranowo mengalamai rebound mengalahkan Prabowo Subianto, mengubah peta hasil telesurvei Ipsos Public Affairs 18 Juli 2023.

Ketika itu, Prabowo unggul di angka 36,65 persen dibanding Ganjar Pranowo 34,46 persen. 

Meski demikian, lanjut dia, peta elektabilitas bakal capres masih akan bergerak dinamis, selain karena faktor ketokohan juga faktor lainnya seperti mesin politik, strategi kampanye, logistik dan lainnya.

Pada simulasi tiga pasang calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo unggul saat berpasangan dengan Sandiaga Uno maupun Mahfud MD memiliki elektabilitas tertinggi (36 persen dan 39 persen) jika berhadapan dengan Prabowo Subianto-Erick Thohir/ Khofifah Indar Parawansa (34 persen/ 28 persen) dan Anies Baswedan–AHY (19 persen/ 21 persen), sementara 12-13 persen masih belum menentukan pilihan.

Pada simulasi dua pasang, jika Prabowo Subianto berpasangan dengan Ganjar Pranowo akan meraih 54 persen jika berhadapan dengan Anies Baswedan–AHY (23 persen). Masih terdapat 23 persen suara yang belum menentukan pilihan.

Pilpres makin dekat, sementara persaingan antarkandidat makin ketat. Dalam survei terbaru Ipsos, Ganjar Pranowo menduduki posisi pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News