Survei JJI: Airlangga Diinginkan Masyarakat Sebagai Capres 2024

Survei JJI: Airlangga Diinginkan Masyarakat Sebagai Capres 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) melakukan jajak pendapat tentang keinginan masyarakat terkait sosok yang presiden di masa mendatang.

Hasilnya, masyarakat menginginkan pemimpin mendatang memiiki inovasi kebijakan. Karakter pemimpin yang diinginkan adalah mampu mengatasi keadaan ekonomi global yang penuh ketidakpastian pascapandemi Covid-19.

Koordinator JJI Agusta Irawan mengatakan Pilpres 2024 diharapkan menjadi pemilu yang menarik dan penuh pertarungan gagasan serta ide, tanpa membawa politik identitas dan hoaks.

Oleh karena itu, JJI survei untuk mengukur kecenderungan masyarakat dalam memilih parpol dan tokoh bakal capres. Survei itu dilakukan terhadap warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Dia menuturkan survei Jajak pendapat dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 12 hingga 25 Februari 2023 terhadap 2.080 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Metode yang digunakan multistage random sampling dengan tingkat toleransi atau batas kesalahan survei sekitar 2,15 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Agusta mengatakan berdasar jajak pendapat itu terungkap jika karakter pemimpin yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat di era mendatang bagi Indonesia adalah terkait keadaan ekonomi global yang penuh ketidakpastian pascapandemi Covid 19.

Sebanyak 89,2 persen respoden menginginkan innovative leader, yaitu presiden memiiki inovasi kebijakan yang akan memperbaiki kualitas hidup banyak orang. Lalu, sebanyak 88,9 persen responden ingin dan berharap presiden pada 2024 memiliki kemampuan membuat perubahan.

Sosok Airlangga Hartarto unggul dalam jajak pendapat atau survei yang dilakukan JJI. Sosok Ketua Umum Golkar itu diingkan masyarakat sebagai capres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News