Surya Paloh: Saling Curiga, Kapan Bisa Maju?

Surya Paloh: Saling Curiga, Kapan Bisa Maju?
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menghadiri acara konsolidasi partai di Gorontalo, Senin (26/3). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan ada penyakit yang menjangkit rakyat Indonesia sehingga sulit untuk maju.

Salah satunya adalah ketidakdisiplinan masyarakat untuk melakukan hal-hal yang produktif.

"Kita lemah dalam disiplin nasional. Ini penting kita pahami, akibatnya kita kerap melahirkan cara-cara yang sebetulnya kurang produktif," kata Surya saat memberi sambutan pada pertemuan dengan 100 tokoh Gorontalo di Gorontalo, Senin (26/3).

Selain itu, kata Surya, rakyat Indonesia masih dihadapkan pada rasa saling curiga yang tinggi satu sama lain.

Akibatnya, kemajuan bangsa yang sejatinya bisa dikejar menjadi terhambat.

“Kalau kita saling curiga, kapan kita bisa maju? Yang ada banyak godaan, fitnah, iri, dengki, khianat. Indonesia tidak akan sehat. Iklim ini kita harus perbaiki," ucap Surya.

Sementara, kata Surya, Indonesia sangat berpotensi menjadi negara besar dan maju. Sebab, Indonesia dikarunia banyak kelebihan yang tidak dimiliki bangsa lain.

“Kita diberikan oleh-Nya kekayaan alam yang berlimpah, matahari yang cukup, hujan yang cukup, kontur tanah Indonesia yang subur, kita bisa olah apa saja di tanah negeri ini," pungkas Surya.

Indonesia sangat berpotensi menjadi negara besar dan maju jika masyarakatnya disiplin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News