Surya Paloh Usulkan Kementerian Pesantren ke Jokowi

Surya Paloh Usulkan Kementerian Pesantren ke Jokowi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menggelar pertemuan dengan ulama di Banda Aceh, Jumat (11/5). Ist for JPNN.com 

jpnn.com, ACEH - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bakal mengusulkan adanya kementerian pesantren kepada Presiden Joko Widodo. Ide tersebut muncul setelah Surya berdialog dengan para ulama di Aceh, Jumat (11/5). 

Dalam dialog yang digelar di Hotel Kryad, Banda Aceh, Walid Nurul Zahri mengusulkan kementerian pesantren agar pondok pesantren memiliki kurikulum dan kebijakan yang jelas. 

Sebab, pondok pesantren sulit maju karena dikelola oleh dua kementerian berbeda. 

“Kami ingin meminta kepada pemerintah untuk mendirikan Kementerian Ponpes. Sudah ada akarnya, ada dinasnya yang kusus untuk pesantren,” kata Walid. 

Pesantren di Aceh berkembang pesat dan terbukti berperan dalam menciptakan masyarakat yang tertib, damai dengan tetap mencintai Tanah Air. 

Namun, untuk pengembangan pesantrennya diurus oleh Kementerian Agama dan pendidikan umumnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendengar itu, Surya memastikan akan menindaklanjutinya kepada presiden. Menurut Surya, sudah ada 25 ribu pondok pesantren di Indonesia sehingga perlu digarap dengan fokus dan serius. 

"Kalau ada kementeriannya, jadi jelas ini kurikulumnya, jangan timpang. Yang satu toiletnya bersih yang satunya tidak. Inti dari Islami adalah kebersihan. Saya rasa ini masih batas wajar,” ucap Surya.

Sudah ada 25 ribu pondok pesantren di Indonesia sehingga perlu digarap dengan fokus dan serius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News