Susah Tidur Nyenyak? Coba deh Latihan Pernapasan Ini

Susah Tidur Nyenyak? Coba deh Latihan Pernapasan Ini
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Seorang profesor kedokteran di University of Arizona, Andrew Weil, MD, memperkenalkan teknik bernapas bagi Anda yang kerap mengalami insomnia. Latihan pernapasan selama 1 menit ini diklaim ampuh untuk membuat Anda lebih tenang dan mudah terlelap.

Mengutip Prevention, latihan pernapasan ini diberi nama 'teknik pernapasan 4-7-8'. Menurut Weil, melalui teknik pernapasan ini, tubuh dapat mengambil lebih banyak oksigen, membuat sistem saraf lebih santai dan meningkatkan rasa tenang. Cara ini pun dapat menyeimbangkan sistem saraf, yang kerap lebih terstimulasi saat Anda stres.

Stres dan rasa gelisah memang sering dituduh sebagai salah satu penyebab sulit tidur di malam hari. Teknik yang terinspirasi dari praktik pernapasan India kuno Pranayama ini disebut juga dapat membantu Anda menuju tingkat spiritual. Sebab dapat membantu Anda menjalin hubungan lebih dalam dengan tubuh.

Sensasi rileks yang dihasilkan pun dapat mengalihkan perhatian dari pikiran sehari-hari, sehingga membuat otak beristirahat. Secara perlahan, ketegangan yang dirasakan tubuh akan berkurang, dan Anda akan mengantuk dengan sendirinya.

“Cara ini benar-benar sederhana, tidak membutuhkan waktu, tidak perlu peralatan, dan bisa dilakukan di mana saja,” kata Weil.

Untuk melakukan teknik pernapasan ini, Anda perlu mengembuskan napas sepenuhnya melalui mulut sambil mengeluarkan suara desiran 'whoosh'. Tutup mulut, lalu tarik napas pelan melalui hidung hingga hitungan empat di dalam hati.

Untuk lebih jelas, ikuti petunjuk berikut ini:

1. Posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi Anda.

Cara ini benar-benar sederhana, tidak membutuhkan waktu, tidak perlu peralatan, dan bisa dilakukan di mana saja.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News