Tabrak Batang Pohon, Kapal Ikan asal Balikukup Karam di Muara Manubar

Tabrak Batang Pohon, Kapal Ikan asal Balikukup Karam di Muara Manubar
Posisi terakhir KM Yanti 03, kapal penangkap ikan asal Balikukup yang berencana berlayar ke Bontang, karam di muara manubar, Kutim pada Selasa (18/6) lalu. Foto: istimewa

jpnn.com, TANJUNG REDEB - Sebuah Kapal Motor (KM) Yanti 03 karam pada Selasa (18/6) sekira pukul 05.00 Wita di Muara Manubar, Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua ABK berhasil diselamatkan tim Basarnas.

Kapal penangkap ikan tersebut adalah milik Acong, 40, warga Bidukbiduk. Saat itu hendak berlayar dari Balikukup, Kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau menuju Bontang pada Senin (17/6).

Kepala Seksi Operasi dan Siaga, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Basarnas Kaltimtara, Octavianto yang dikonfirmasi Rabu (19/6) menjelaskan kapal tersebut berangkat dari Berau menuju Bontang, pada Senin (17/6) sekira Pukul 17.00 Wita.

BACA JUGA: Yusril: Ternyata Saksi Wow yang Diklaim BW Tidak Ada Apa-apanya

Di tengah perjalanan sekira Pukul 24.00 kapal menabrak batang pohon di wilayah Pulau Birah-biarahan dan menyebabkan kapal mengalami kebocoran.

“Nakhoda kapal bernama Azis, 30, berinisiatif memutar kapal muara manubar, Kutai Timur (Kutim). Namun dalam perjalanan, kapal terus kemasukan air dan akhirnya karam,” ungkapnya kepada Berau Post, kemarin (19/6).

Kapal yang terbuat dari material kayu tersebut sebenarnya telah menyedot air yang masuk menggunakan dua mesin alkon, namun karena kebocoran cukup besar di bagian bawah kapal. Sekira Pukul 06.00, nakhoda kapal memutuskan untuk menghubungi pos pengamat di Muara Manubar, sehingga kapal tersebut langsung dievakuasi di posisi *0°88.29.63 N - 118° 45.051 E.

BACA JUGA: Berkas 5 Komisioner KPU Palembang Dilimpahkan ke Kejari

Sebuah Kapal Motor (KM) Yanti 03 karam pada Selasa (18/6) sekira pukul 05.00 Wita di Muara Manubar, Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua ABK berhasil diselamatkan tim Basarnas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News