Tagana Salurkan Sembako, Warga Dirikan Dapur Umum Mandiri

Tagana Salurkan Sembako, Warga Dirikan Dapur Umum Mandiri
Kak Seto Mulyadi menghibur anak-anak terdampak gempa di NTB. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, LOMBOK - Kementerian Sosial mengerahkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mendistribusikan ribuan sembako warga terdampak gempa NTB. Sebanyak 623 personel Tagana dari berbagai provinsi datang secara sukarela membantu mendistribusikan bantuan dari pemerintah.

"Saat ini mereka dikonsentrasikan untuk mendistribusikan logistik untuk warga, terutama sembako," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat dalam siaran tertulisnya.

Harry mengungkapkan, sembako dari Kementerian Sosial seluruhnya berjumlah 11.000 paket. Saat ini telah tersalurkan sekitar 5.000 paket berisi beras dan lauk pauk.

"Tagana yang datang ke NTB memiliki spesialisasi kemampuan di bidang Dapur Umum dan Layanan Dukungan Psikososial. Oleh karena itu mereka juga memboyong dapur umum lapangan dari provinsi masing-masing untuk ditempatkan di titik-titik posko pengungsian," papar Harry.

Saat ini, total ada 13 dapur umum keliling yang dikelola Tagana, di antaranya dapur umum yang didirikan oleh Tagana Bali, Tagana Jawa Tengah, Tagana Jawa Timur, Tagana Sumba, Tagana Bima, Tagana Dompu, dan lain-lain. Ada pula tiga titik Dapur Air. Kedua dapur ini melayani pengungsi yang terkonsentrasi di tenda posko sebanyak 26.175 bungkus per hari.

Titik Dapur Umum Lapangan yang dikelola Tagana terbagi menjadi 3 kabupaten. Yakni Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Barat. Di setiap dapur umum memproduksi antara 2.000 hingga 5.000 nasi bungkus per hari.

Di Kabupaten Lombok Utara, dapur umum lapangan berada di Kantor Bupati Lombok Barat, Desa Rempek Kecamatan Gangga, Posko Induk Lapangan Pemenang Kecamatan Pemenang, Posko Induk Lapangan Tanjung Kecamatan Tanjung, Kampung Bali Kecamatan Tanjung, Desa Jenggala Kecamatan Pemenang, Desa Nipah Kecamatan Pemenang.

Di Kabupaten Lombok Timur, dapur umum lapangan berada di Desa Sembalun Kecamatan Sembalun dan Desa Madayin Kecamatan Sambelia. Sementara di Kabupaten Lombok Barat berada di Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari, Desa Jeringo Kecamatan Gunungsari, Desa Lingsar Kecamatan Lingsar.

Kementerian Sosial mengerahkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mendistribusikan ribuan sembako warga terdampak gempa NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News