Tahun Depan, Perbasi Kirim Juara IBL Berkompetisi di Kejuaraan Antarklub ASEAN

Tahun Depan, Perbasi Kirim Juara IBL Berkompetisi di Kejuaraan Antarklub ASEAN
Selebrasi tim Prawira Harum Bandung seusai menjadi juara IBL 2023 di GOR C-Tra Arena, Bandung. Foto: IBL Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berencana mengirim tim juara IBL untuk bermain di kompetisi antarnegara ASEAN.

Sekretaris Jenderal Perbasi Nirmala Dewi mengungkapkan bahwa hal tersebut dilakukan untuk mendongkrak kualitas kompetisi di masing-masing negara.

“Dengan program ini, nanti juara IBL akan dikirim untuk bersaing dengan para juara di kompetisi masing-masing negara ASEAN,” ungkap Nirmala dalam rilis tertulis.

Rencana ini sejatinya masih dirancang dan dibicarakan dengan matang bersama anggota federasi basket Asia Tenggara dengan FIBA.

“Turnamen basket tim antarnegara Asia Tenggara akan dimulai tahun depan. Artinya, juara IBL musim lalu berkesempatan menjadi salah satu peserta di ajang ini, tetapi teknisnya, terkait penunjukan klub ada di IBL, dengan mengacu pada klasemen kompetisi terakhir,” tambah wanita kelahiran 18 Mei 1978 itu.

Sebelum wacana ini digulirkan, kompetisi antarklub di Asia Tenggara sejatinya sudah pernah bergulir dengan tajuk ASEAN Basketball League (ABL) sejak 2009 silam.

Seiring berjalannya waktu, kompetisi kemudian berkembang dengan mengundang negara-negara dari Asia Pasifik.

Turnamen tersebut kemudian vakum di edisi 2018/19 silam, setelah BTN CLS Knight Indonesia menjadi juara. (perbasi/mcr16/jpnn)

Perbasi berencana mengirim tim juara IBL bermain di kompetisi antarnegara ASEAN pada tahun depan.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News