Tak Bisa Atur Aparat, Negara Sudah Bahaya

Tak Bisa Atur Aparat, Negara Sudah Bahaya
Tak Bisa Atur Aparat, Negara Sudah Bahaya
JAKARTA - Pengamat militer dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jaleswari Pramodharwardani, menyatakan bahwa sesungguhnya negara sudah berada dalam kondisi bahaya jika aparatur penegak hukumnya tak bisa diatur lagi. Ia menyampaikan hal itu, guna menanggapi pernyataan Pangdam IV Diponegoro, ‪Mayjen Hardiyono Saroso‬ yang mengklaim pasukannya tidak terlibat dalam penyerangan Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Cebongan di Sleman, Yogyakarta.

"Negara dalam keadaan bahaya kalau tidak bisa lagi mengatur aparat penegak hukumnya," kata Jaleswari dalam diskusi bertema "Menata Hubungan TNI - Polri" di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (25/3).

Apalagi, lanjutnya, Pangdam Diponegoro juga terkesan terburu-buru menyimpulkan penyerbuan dan penembakan di Lapas Cebongan bukan dilakukan oleh Kopasus. Padahal faktanya, kata Jaleswari, penyerbuan itu dilakukan secara sistematis oleh orang-orang terlatih. "Ini justru lebih berbahaya lagi," ujarnya.

Kecurigaan serupa juga dilontarkan Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifuddin. "Oknum Kopasus bukan, lalu siapa lagi yang menyerang sementara yang ditembak itu diduga terkait dengan tindakan kekerasan terhadap seorang anggota Kopasus," tanya politisi PPP itu.

JAKARTA - Pengamat militer dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jaleswari Pramodharwardani, menyatakan bahwa sesungguhnya negara sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News