Tak Mau Longgarkan PSBB, Jokowi Malah Minta Masyarakat Hidup Berdampingan dengan Corona

Tak Mau Longgarkan PSBB, Jokowi Malah Minta Masyarakat Hidup Berdampingan dengan Corona
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengaku belum mau melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meski begitu, Jokowi menginginkan masyarakat berdamai dan hidup berdampingan dengan virus Corona.

"Kita harus melihat kondisi masyarakat sekarang ini. Kondisi yang terkena PHK dan kondisi masyarakat yang menjadi tidak berpenghasilan lagi. Ini harus dilihat," ujar presiden dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (15/5).

Jokowi mengatakan, nantinya, masyarakat di Indonesia bisa beraktivitas normal kembali. Namun harus menyesuaikan dan hidup berdampingan dengan Covid-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan terdapat potensi bahwa virus ini tidak akan segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.

"Informasi terakhir dari WHO yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang. Artinya kita harus berdampingan hidup dengan Covid. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan Covid. Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman," kata dia.

Kepala Negara menegaskan, hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan berarti menyerah dan menjadi pesimistis.

Justru dari situlah menjadi titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat untuk dapat beraktivitas kembali sambil tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Berdampingan itu justru kita tidak menyerah, tapi menyesuaikan diri. Kita lawan keberadaan virus Covid tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat yang harus kita laksanakan. Pemerintah akan mengatur agar kehidupan kita berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan," ucapnya.

Presiden Jokowi mengaku belum mau melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Meski begitu, Jokowi menginginkan masyarakat berdamai dan hidup berdampingan dengan virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News