Taliban Perpanjang Gencatan Senjata

Taliban Perpanjang Gencatan Senjata
Taliban Perpanjang Gencatan Senjata
ISLAMABAD - Militan Taliban memutuskan untuk memperpanjang kesepakatan gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan di Lembah Swat, wilayah perbukitan yang terletak di barat daya negeri tetangga India itu, kemarin (24/2). Keputusan tersebut diambil setelah Islamabad menyetujui pemberlakuan syariat Islam di wilayah kekuasaan Taliban itu.

Kesepakatan gencatan senjata tersebut telah dirintis sejak 15 Februari lalu. Sesuai jadwal, kesepakatan itu berakhir hari ini. Namun, Juru Bicara Taliban Muslim Khan mengatakan, kalangan pemimpin gerakan Islam radikal itu memutuskan untuk memperpanjang masa gencatan senjata tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan.

''Tidak akan ada lagi perlawanan terhadap pemerintah dan tentara. Kami berharap pemerintah juga demikian,'' ujar Khan seperti dikutip Associated Press.

Terpisah, pemerintah Pakistan mengatakan, keputusan menyetujui pemberlakuan syariat Islam di kawasan yang dikuasai Taliban itu dalam rangka meredam tuntutan masyarakat setempat. Taliban telah mengeksploitasi isu perlakuan tidak adil oleh pemerintah pusat di kawasan perbatasan dengan Afghanistan tersebut. Dengan demikian, masyarakat merasa tidak ada lagi kontrol dari pemerintah di sana.

ISLAMABAD - Militan Taliban memutuskan untuk memperpanjang kesepakatan gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan di Lembah Swat, wilayah perbukitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News