Tamiflu Picu Serangan Stroke

Tamiflu Picu Serangan Stroke
Foto : AFP
LONDON - Tamiflu masih dianggap obat mujarab mengatasi flu babi maupun flu burung. Namun, penelitian terakhir menyebut obat temuan Prof Elias J. Corey itu bisa memicu terjadinya stroke. Badan Pengawas Obat Inggris (MHRA) telah memperingatkan bahwa konsumsi Tamiflu akan meningkatkan risiko seseorang terkena stroke. Obat itu bisa berpengaruh pada pengguna warfarin, obat pencegah pembekuan darah.

Padahal, ada lebih dari 600 ribu orang di Inggris yang menjalani metode pengobatan tersebut. Kombinasi antara Tamiflu dan warfarin justru akan membekukan darah. Berakibat risiko pendarahan yang tak terkontrol pada pasien dan berujung pada stroke. MHRA telah menerima sejumlah laporan terkait kasus stroke akibat kombinasi pengobatan tersebut dan meminta para dokter mengawasi lebih ketat perkembangannya.

   

Seorang ahli kesehatan mengingatkan bahwa bahaya tersebut telah berkembang luas di seantero Inggris. Pasalnya pasien yang mendapat Tamiflu melalui jalur khusus badan penanganan flu nasional belum mendapatkan informasi bahwa obat tersebut tidak bisa dikombinasikan dengan warfarin.

    

Beberapa bulan lalu Menteri Kesehatan Andy Burnham merancang program hotline nasional untuk penderita maupun suspect flu babi. Mereka bisa mendapatkan Tamiflu secara gratis hanya dengan menjawab sejumlah pertanyaan dari petugas call center yang tidak mempunyai pengetahuan dasar tentang obat. .

   

LONDON - Tamiflu masih dianggap obat mujarab mengatasi flu babi maupun flu burung. Namun, penelitian terakhir menyebut obat temuan Prof Elias J.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News