Tanker Boeing AS Terbakar di Pangkalan AL

Pesawat Komersial Celaka di Argentina, 22 Tewas

Tanker Boeing AS Terbakar di Pangkalan AL
Tanker Boeing AS Terbakar di Pangkalan AL
VENTURA - Dua kecelakaan pesawat terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan di Benua Amerika pada Rabu lalu waktu setempat (18/5), atau kemarin WIB (19/5). Kecelakaan pertama yang melibatkan pesawat bahan bakar (tanker) terjadi Rabu petang di Pangkalan Angkatan Laut (AL) AS di California Selatan. Lantas, malam harinya, sebuah pesawat kecil celaka di Patagonia, Argentina.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan yang pertama. Pesawat Boeing 707 yang berfungsi sebagai pesawat pengisi bahan bakar militer itu tergelincir di landasan pacu sekitar pukul 17.25 waktu setempat. Beruntung, tiga awak pesawat berhasil menyelamatkan diri sebelum burung besi itu meledak dan terbakar di ujung landasan pacu Pangkalan AL Point Mugu, Ventura County, sekitar 90 km dari Los Angeles. Ketiganya hanya mengalami luka ringan.

"Pesawat pengisi bahan bakar itu celaka saat hendak lepas landas. Pesawat baru berhenti setelah meledak dan terbakar. Posisinya hanya beberapa meter dari (Samudera) Pasifik," terang juru bicara militer AS dalam pernyataan tertulisnya kepada media. Tiga kru pesawat yang lolos dari maut itu adalah pegawai sipil.

Begitu terdengar ledakan, petugas pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi kejadian yang diselubungi asap hitam cukup tebal. Beberapa helikopter militer juga dikirimkan ke ujung landasan pacu untuk membantu proses pemadaman. Api baru bisa dipadamkan setelah berkobar selama lebih dari tiga jam.

VENTURA - Dua kecelakaan pesawat terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan di Benua Amerika pada Rabu lalu waktu setempat (18/5), atau kemarin WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News