Asean Matangkan Konsep Industri Militer Bersama

Asean Matangkan Konsep Industri Militer Bersama
Asean Matangkan Konsep Industri Militer Bersama
JAKARTA- Menhan Purnomo Yusgiantoro mengatakan empat negara asean, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia dan Singapura mematangkan konsep untuk membangun industri militer bersama. Dengan adanya industri bersama ini, kata Purnomo, diharapkan masing-masing negara bisa saling mengisi untuk potensi pertanahan negara-negara asean.

"Kita lihat tiap tahun ada USD25 miliar budget pertahanan untuk pembelian alutsista di Asean dan itu kebanyakan dibeli dari negara-negara di luar Asean. Prinsip kita sekarang bagaimana tiap tahun USD24 miliar itu bisa dimanfaatkan untuk pertahanan Asean," kata Purnomo menjawab wartawan di Jakarta, Jumat (20/5).

10 negara anggota Asean kata Purnomo, memiliki tingkat industri pertahanan yang berbeda-beda. Bila bisa dilakukan secara bersama, maka perkembangan industri ini akan berdampak pada perkembangan negara-negara asean.

"Sifatnya itu comparative advantages. Indonesia misalnya ahli dalam pembuatan pesawat terbang, kita dorong agar bisa dimanfaatkan Malaysia unggul di service maintained Hercules. Jadi kalau memang ada di Asean ya dimanfaatkan untuk kepentingan Asean," jelas Purnomo.(afz/jpnn)

JAKARTA- Menhan Purnomo Yusgiantoro mengatakan empat negara asean, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia dan Singapura mematangkan konsep untuk membangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News