Tak Didampingi Para Menteri dan Gubernur Anies, Jokowi Kunjungi Waduk Pluit

Tak Didampingi Para Menteri dan Gubernur Anies, Jokowi Kunjungi Waduk Pluit
Presiden blusukan ke Waduk Pluit, Juat (3/1/2019). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak meninjau Waduk Pluit, Jakarta Utara, Jumat (3/1) pukul 08.55. Dalam kunjungannya yang tak terjadwal itu, Jokowi ingin memastikan semua alat penanganan banjir yang ada di waduk tersebut berfungsi optimal.

Mengutip situs setkab.go.id, tiba lokasi, Jokowi tak didampingi menterinya dan juga Gubernur DKI Anies Baswedan itu, langsung mengecek ke lokasi dimana sejumlah alat berat bersandar di sisi Waduk Pluit.

“Ini (alat) enggak jalan?” tanya Presiden kepada operator alat berat yang ada di lokasi. “Sedang off dulu Pak.”

Setelah berdialog, Jokowi yang datang hanya dengan dikawal oleh Paspampres langsung menuju salah satu rumah pompa Waduk Pluit.

Di rumah pompa ini, Jokowi kembali berdialog dengan salah seorang petugas yang berada di lokasi sembari mengelilingi rumah pompa. "Bagus-bagus," ujar Jokowi setelah mengetahui mesin pompa dalam kondisi baik.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanggapi positif kunjungan Presiden Jokowi itu.

“Presiden tentunya ingin memastikan Waduk Pluit yang berfungsi sebagai tampungan sementara (polder) yang masuk dari Kali Cideng (termasuk Kali Pakin dan Kali Jelangkeng), anak Kali Ciliwung (Kali Besar) dan saluran drainase sekitarnya dapat beroperasi dengan normal,” kata Basuki.

Waduk Pluit ini memang salah satu penampung air Jakarta. Waduk ini dilengkapi dengan pompa yang fungsi utamanya menampung air banjir dan rob untuk dibuang ke laut.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Waduk Pluit tak tercantum dalam jadwal kepresidenan.

Sumber setkab.go.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News